Minggu, 23 September 2012

Tips Alami Mengatasi Rambut Rontok

Rambut disebut juga sebagai mahkota bagi seorang wanita. Tapi bagi wanita muslimah pasti akan selalu mengenakan jilbab dikepalanya untuk menutupi rambutnya. Sebagian orang berpendapat bahwa apabila selalu mengenakan jilbab itu menyebabkan kerontokan bagi rambut, karena udara panas sehingga menjadi lembab dan berpengaruh pada kulit rambut. Sekarang bagaimana jadinya bila rambut kalian rontok? dan tidak usah menjadikan alasan anda untuk tidak memakai jilbab? Berikut tips - tips alami agar rambut tidak rontok:
1. Perawatan minyak hangat
Gunakan minyak-minyak alami seperti minyak zaitun, kelapa dan canola. Panaskan hingga hangat. Kemudian pijatkan minyak tersebut ke kulit kepala anda. Biarkan selama 1 jam kemudian bersihkan dengan shampo.
2. Jus buah
Anda juga bisa memijit kulit kepala anda dengan menggunakan jus dari bahan-bahan alami seperti jus bawang putih, bawang merah, atau jus jahe. Biarkan semalaman dan bersihkan keesokan harinya.
3. Antioksidan
Celupkan dua kantong teh hijau pada secangkir air, kemudian gunakan kepada kulit kepala anda. Biarkan selama 1 jam kemudian cuci. Teh hijau mengandung antioksidan yang mampu mencegah kerontokan dan mempercepat tumbuhnya rambut.
4. Seledri
Haluskan seledri bersama tangkainya secukupnya, kemudian oleskan pada kulit kepala sambi dipijat-pijat. Sebaiknya dilakukan setiap hari
5. Wortel
Blender beberapa buah wortel sampai halus, kemudian peras airnya. Selanjutnya gunakan airnya untuk memijat kulit kepala. Bungkus kepala dengan handuk dan diamkan semalaman. Bilas hingga bersih di keesokan harinya.
6. Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berguna untuk menyuburkan dan menebalkan rambut. Cara penggunaannya haluskan isi dalam kulit lidah buaya. Kemudian gosokan ke rambut sampai kulit kepala, lalu bilas hingga bersih. Lakukan rutin 3x seminggu.
7. Bawang Merah
Haluskan 3 siung bawang merah, setelah halus lalu oleskan pada kulit kepala anda sampai rata. Pijat kepala anda sampai 15 menit agar meresap kemudian bilas dengan air bersih.
8. Ginseng
Parut dua batang akar ginseng hingga halus dan campurkan dengan sedikit air. Lalu oleskan pada rambut sampai kulit kepala. Ini berguna untuk menutrisi rambut kepala.

Nah jika cara di atas sudah berhasil, saatnya tips agar rambut tidak kembali rontok. Berikut tips-tipsnya:
- Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin dan zat besi. untuk protein bisa didapatkan dari kacang-kacangan. Sedangkan untuk zat besi bisa didapatkan dari daging dan sayuran.
- Hindari stress
- Gunakan shampo yang mengandung ginseng
- Hindari menggunakan bahan kimia seperti cat rambut
- Hindari minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan minuman bersoda.
- Jangan menggunakan hairdryer, cukup angin-anginkan saja
- Berilah nutrsis kulit kepala anda seperti serum, dan hair tonic

Demikian cara mengatasi rambut rontok. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar